Cari Blog Ini

Minggu, 19 Agustus 2012

Sungai Mimpi [AKB48 - Yume no Kawa Indonesia Translation]


Keputusan mendadak Acchan untuk keluar dari AKB48 mengejutkan banyak pihak, tidak terkecuali dari pada member AKB48 sendiri. Di tengah popularitas AKB yang semakin menanjak, dengan penjualan single selalu menemus satu juta copy, Acchan memutuskan untuk mengambil langkah baru dalam perjalan hidup dan karirnya: keluar dari grup yang telah melambungkan namanya dan membuatnya mampu berjalan hingga sejauh sekarang, AKB48.
Keputusan untuk mundur dari senbatsu untuk single terbaru AKB48, Gingham Check, seakan membulatkan keputusan Acchan untuk keluar yang memang tidak bisa ditawa-tawar lagi. Aki-P yang sepertinya mengerti tentang betapa berharganya Acchan bagi para wota, memutuskan untuk menciptakan lagu graduation untuk Acchan, seorang ace AKB48 yang bisa dibilang tak tergantikan, yaitu lagu ini, Yume no Kawa.
Sungai mimpi, beberapa orang lebih suka kalau lagu ini diberi judul Namida no Kawa atau sungai air mata. Tapi kalau dari sudut pandangku sendiri Yume no Kawa lebih cocok. Karena Acchan memutuskan untuk keluar dari AKb48 bukan untuk mundur dari dunia entertainment secara keseluruhan, tapi dia ingin mengejar mimpinya sebagai seorang aktris (note: bukan seorang solois). Sehingga lagu ini menggambarkan bahwa Acchan akan mengarungi sebuah sungai mimpi yang akan mengantarnya untuk menggapai cita-citanya. Tapi tetap saja, nuansanya kayak dia mau berhenti dari dunia entertainment gitu ya. AKB tanpa Maeda, rasanya masih sulit untuk menerimanya.
Beberapa hari kemarin, di acara Music Station, Acchan tampil untuk terakhir kalinya bersama member AKB48, menyanyikan lagu medley Flying Get-Ponytail to Shushu-Yume no Kawa. Dari awal saat dia menyanyikan lagu Flying Get, bisa terlihat jelas kalau Acchan sebenarnya terus menahan air matanya. Namun akhirnya tangisnya pecah juga saat dia menyanyikan lagu Yume no Kawa. Benar-benar adegan yang menyayat hati. Bukan hanya dia saja yang memangis, tapi juga member AKB yang lain. :(
Sebelum menyanyikan lagu Yume no Kawa, Acchan memberikan pesan terakhir kepada para fansnya, “Aku Maeda Atsuko AKB48. Dengan penampilan ini, ini akan jadi terakhir kalinya aku memperkenalkan diri sebagai member AKB48 di acara Music Station.” Hiks.. Sedih banget yak. Waktu bicara itu pun sebenarnya dia sudah berusaha sekerasnya untuk menahan air matanya. Bagi yang pengen ngedownload final performance Maeda Atsuko Graduation Spesial Medley di Music Station, Flying Get-Ponytail-Yume no Kawa klik disini dan untuk yang Yume no Kawa saja click here.
Ma, sepertinya tidak akan habis-habis kata untuk mengungkapkan rasa kesedihan para fans untuk melepas kepergian Acchan dari AKB48. Tapi apapun keputusan yang telah ia ambil, yakinlah itulah yang terbaik baginya. Sayounara Acchan, semoga sukses di jalan barumu. Dan sampai berjumpa lagi, suatu saat kelak, sebagai dirimu dengan prestasi yang baru.



Sungai Mimpi
Translate: Uswatun Hasanah Ast

Tempat apa ini?
Aku menengadah dan mencari bintang di langit
Sebelum ku sadari
Aku sudah tersesat sendirian

Jangan cemas
Walaupun kita berpisah
Kami tak akan pernah berubah
Dan kami akan selalu berada di sisimu

Perahu ini menyeberangi sungai mimpi yang ku arungi
Dalam diam mencapai tepian sebelum fajar
Aku memulai langkah pertamaku di tanah baru ini
Sekarang perjalanku di mulai

Jika kau dengarkan dengan seksama
Bisakah kau mendengar di balik angin?
Bahkan di masa-masa paling sulit
Ada seseorang yang memperhatikanmu

Dari dalam kabut tebal
Seseorang menerangi jalanmu dengan cahaya
Aku yakin sebelum malam
Kau akan menemukan tempat yang ingin kau tuju

Perahu kecilmu di sungai mimpi
Perlahan menghilang dari pandangan, aku menjadi cemas
Punggungmu bergoyang ketika kau hanyut
Milikilah keberanian lebih

Hari ini kita saling mengucapkan selamat tinggal
Hingga hari kita bisa bertemu kembali
Hapuslah air mata kesedihan itu
Kami akan mengantar kepergianmu

Perahu ini menyeberangi sungai mimpi yang ku arungi
Dalam diam mencapai tepian sebelum fajar
Aku akan menjadi pertama yang mulai berjalan

Sungai mimpi dari masa lalu ke masa sekarang
Tetap mengalir ke masa depan
Ketika kita semua terus mendayung
Perahu harapan kita

Ketika mimpiku menjadi nyata
Kita akan kembali bertemu

DOWNLOAD MP3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar