Cari Blog Ini

Senin, 26 Maret 2012

Ini Semua Berlebihan [YUI - It's All Too Much Indonesia Translation]


Saat tengah mencari english translation untuk lagu ini, tak sengaja aku masuk ke sebuah forum yang membuatku tersenyum-senyum membacanya. Mereka bilang, menerjemahkan lagu YUI itu, memahami tafsiran makna lagunya, benar-benar rumit. Mereka bilang perlu ikut seminar dulu baru bisa menerjemahkan lagu-lagu YUI. Wkwkwk...
Yah, ku akui hal itu, menerjemahkan lagu-lagu Jepang -tak hanya lagu YUI saja- memang bukan hal yang simple. Walau tidak sampai harus ikut seminar. Hehe... Biasanya juga, anak YL yang menerjemahkan lagu YUI, dibagian akhirnya mereka tulis, "Hanya YUI yang tahu makna lagu ini sebenarnya." Hoho... Tak salah juga, kita, sebagai translator kan hanya berikhtiar. Jadi kalau ada kesalahan makna dan sebagainya, moshiwake arimasen. ^o^
Well, untuk lagu ini sendiri, menurut penyiar NHK, menceritakan tentang semangat masa muda. Aku juga kurang mengerti. Hmm, kalau menurut kalian?



Ini Semua  Berlebihan

Malam berubah menjadi warna kobalt
Langit bertaburan bintang dingin yang berkilauan
Aku tak perlu kata-kata lagi

Daripada mencoba untuk mengungkapkan kebenaran yang tersembunyi di balik air mata
Aku lebih memilih untuk percaya pada ramalan tak berdasar

Duduk di bangku tangan dimana lampu telah dimatikan
Aku mendongak ke atas
Itu bintang jatuh
Yang muncul dengan ideal

Hei, tunjukkan padaku
Jika kita bisa hidup seperti apa adanya
Aku ingin kumpulkan seluruh keajaiban di galaksi ini
Dan mengatasi segalanya

Semua karena emosi yang berdenyut di seluruh tubuhku
Mendikteku
Aku tak bisa terus seperti ini
Aku benar, kan?

Aku ingin membuat pilihan seperti dadu yang bergelinding
Dan bergerak maju ke tempat berikutnya
Tanpa mengalami penyesalan
Buku aturan yang dibuat dengan tidak jelas
Semakin pengecut diriku, semakin jauh aku tertinggal di belakang
Aku terus memperhatikan punggung sainganku

Itu juga, Dalam cahaya bulan yang telanjang
Adalah bintang jatuh
Yang menyimpang dari hati yang suci

Hei, tunjukkan padaku
Untuk hidup seperti apa adanya
Kepolosan tidaklah cukup
Aku juga tak bisa menghindari perkelahian

Pelajaran yang ku pelajari dari waktu ke waktu
Terus mendikteku
Apa yang harus ku lakukan?
Ini bohong, kan?

Lamunan sederhana
Tak akan membawaku kemana-mana
Juga tak bisa membuatku lebih nyaman
Aku heran, mengapa

Ini semua berlebihan

Hei, tunjukkan padaku
Untuk menjalani hidup apa adanya
Aku ingin mengubah rintangan berat yang ku hadapi
Menjadi sebuah lelucon
Dan menertawakannya

Karena aku terkubur
Dalam kehidupan sehari-hari yang tak bisa ku selesaikan
Itulah kenapa, aku ingin percaya
Bahwa keajaiban itu ada
Aku benar, kan?

DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar