Cari Blog Ini

Rabu, 22 Februari 2012

Dowi Toilet [Kana Uemura - Tore no Kamisama Indonesia Translation]

Apakah kalian akan tertawa saat membaca judul lagu ini? Ya, dulu aku begitu. Tapi pas baca terjemahnya, aku langsung menangis terisak-isak. Baru baca aja lo, padahal belum dengar lagunya sama sekali.
Lagu bertema keluarga ini benar-benar menyentuh banget. Tentang hubungan antara nenek dan cucunya. Asli dah, walau aku gak punya nenek seperti yang diceritakan dalam lirik lagu ini, tapi lagu ini cukuplah membuatku membayangkan hubunganku dengan mama. Sambil berpikir apa yang telah ku lakukan pada Mama untuk membalasa semua jasa-jasanya, sepertinya belum ada. [sumpe gue lagi nangis neh pas nulis ini tulisan].
Saking populernya, lagu ini juga sempat dibuat dorama special yang berdasarkan cerita liriknya. Kalau tak salah diperankan oleh Yui Aragaki, aku belum sempat lihat. Tapi dengan lagu sebagus ini, cocok saja lah kalau Toire no Kamisama sempat merajai Chart Oricon selama dua minggu berturut-turut saat tanggal rilisnya dulu.

Dewi Toilet

Kira-kita ketika aku kelas tiga SD
Untuk beberapa alasan, aku tinggal bersama nenek
Rumah orang tuaku ada di sebelah
Tapi aku tinggal bersama nenek

Setiap hari aku membantu
Aku bahkan bermain go bersamanya
Tapi karena aku tidak mau membersihkan toilet
Nenek mengatakan ini padaku

Sayangku, di toilet kau akan menemukan
Kau akan menemukan
Seorang dewi yang cantik
Jadi, jika kau membersihkan toilet setiap hari
Kau bisa menjadi secantik sang dewi

Semenjak hari itu
Aku mulai menyikat toilet
Tentu saja aku ngin menjadi wanita cantik
Karenanya aku akan membersihkannya setiap hari

Setelah kami pergi berbelanja
Kami akan makan mie dengan daging bebek panggang
Aku akan menangis dan menyalahkan nenek
Karena lupa merekam “Drama Comedi Baru” di TV untukku

Sayangku, di toilet kau akan menemukan
Kau akan menemukan
Seorang dewi yang cantik
Jadi, jika kau membersihkan toilet setiap hari
Kau bisa menjadi secantik sang dewi

Ketika aku menjadi dewasa
Aku bertengkar dengan nenek
Segalanya tidak berjalan baik dengan keluargaku
Dan aku tak punya tempat untuk dituju

Aku tidak pulang kerumah pada hari libur
Dan berkencan dengan pacarku
Aku dan nenek berhenti bermain go dan memakan bebek panggang

Aku bertanya-tanya mengapa orang saling menyakiti?
Dan kita kehilangan hal-hal yang dekat dengan kita
Nenek selalu ada untukku
Dan aku meninggalkannya sendirian

Sudah dua tahun berlalu semenjak aku pindah ke Tokyo
Nenek ada di rumah sakit
Dia kehilangan berat badan dan menjadi kurus
Aku pergi menjenguknya

“Nenek, aku pulang!” ucapku
Mencoba bertingkah seperti dulu
Kami tak memiliki banyak waktu untuk bicara
“Kau harus pulang,” ucapnya
Kemudian aku pergi meninggalkan ruangannya

Pagi berikutnya, aku datang dan melihat
Nenekku tertidur dengan nyenyak
Rasanya seperti
Dia tengah menungguku datang kembali
Dia merawatku begitu baik
Tapi aku tak mampu membalasnya
Meskipun aku adalah cucu yang nakal
Tapi di terus menungguku

Sayangku, di toilet kau akan menemukan
Kau akan menemukan
Seorang dewi yang cantik
Jadi, jika kau membersihkan toilet setiap hari
Kau bisa menjadi secantik sang dewi

Sayangku, di toilet kau akan menemukan
Kau akan menemukan
Seorang dewi yang cantik
Jadi, jika kau membersihkan toilet setiap hari
Kau bisa menjadi secantik sang dewi

Aku bermimpi tuk menjadi pengantin yang cantik
Hari ini aku akan membersihkan toilet
Sendirian

Nenek
Nenek
Terima kasih
Nenek
Dari dasar hatiku
Terima kasih…

Re-translated by: Uswatun Hasanah Ast

Tidak ada komentar:

Posting Komentar